Senin, 07 Oktober 2019

Jangan Percaya Kalau Kopi Bikin Susah Tidur, itu Hoax!

NoteNews - Banyak yang beranggapan bahwa minum Kopi sebelum Tidur dapat mempengaruhi kualitas Tidur. Padahal, tidak demikian.
Sebuah penelitian di Amerika Serikat dari Florida Atlantic University dan Harvard Medical School meneliti 785 peserta dimana mereka akan dipantau jam Tidur malamnya selama 5.164 hari, dengan mencatat berapa banyak Kafein dan nikotin yang mereka konsumsi.
Tim kemudian membandingkan konsumsi mereka dengan hasil dari buku harian Tidur dan sensor pergelangan tangan yang mencatat durasi Tidur peserta, efisiensi Tidur dan seberapa cepat mereka bangun pada pagi hari.
Studi ini menemukan bahwa nikotin dan Alkohol mengganggu Tidur. Setelah 42 menit mereka merokok, Tidurnya akan terganggu. Tapi, tidak untuk Kafein.
Dalam jurnal Sleep, Dr Christine Spadola, dari Florida Atlantic University, mengatakan bahwa hingga saat ini, penelitian yang menyelidiki secara menyeluruh hubungan antara Kafein dengan mengganggu Tidur malam itu tidak benar. Banyak yang beranggapan kalau Kafein adalah zat yang paling kuat menggangu jam Tidur, sehingga orang tersebut insomnia.
"Kami tidak melihat adanya hubungan antara konsumsi Kafein dengan waktu Tidur," katanya dikutip AkuratHealth dari Gulf Today, Senin, (7/10). 
Sebelumnya, ahli Tidur St. Neil Stanley, mengklaim bahwa minum Kopi sebelum Tidur akan membuatmu tetap terjaga pada malam hari adalah mitos. 
"Beberapa orang sangat sensitif terhadap efek Kafein dan bagi orang-orang ini penting untuk menghindari minuman minum yang mengandung Kafein sebelum Tidur," katanya.
Sebailiknya, penelitian yang diterbitkan oleh Europa Journal of Epidemiology, menyarankan minum Kopi sedikitnya dua cangkir sehari karena bermanfaat untuk meningkatkan harapan hidup hingga dua tahun.[]

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar